Wajib belajar

 On Jumat, 17 April 2009  

Bagi setiap manusia belajar merupakan suatu keharusan, karena dengan belajar, seseorang akan dapat mengetahui apa yang belum mereka ketahui. Mencari ilmu sangatlah di anjurkan, bahkan dalam agama . adapun pepatah mengatakan “tuntutlah ilmu mulai dari buaian sampai liang lahat” itu berarti kita entah itu ank-anak, remaja, ataupun para orang tua diharuskan untuk selalu belajar atau menuntut ilmu.

Melihat hal tersebut tentunya muncul suatu pertanyaan, bagaimana cara belajar yang baik dan tepat? Untuk menjawabnya, tentunya kita harus mengetahui bahwa belajar merupakan suatu bentuk kegiatan atau sebuah aktivitas. Maka setiap akan melakukan suatu aktivitas kita harus selalu mengawalinya dengan sebuah niat yang sungguh-sungguh. Dan niat inilah yang nantinya akan menjadi sebuah modal utama dalam belajar atau menuntut ilmu. Karena dengan niat ini seseorang akan mampu melakukan sebuah aktivitas dengan tenang, tentram dan ikhlas. Selain dengan niat, tentunya kita juga harus berusaha dengan giat, karena niat tanpa ada usaha itu tidak akan ada artinya.

Sebenarnya belajar dengan giat harus kita tanamkan sejak usia dini. Sehingga dengan begitu, nantinya seseorang akan tercipta suatu kepribadian dalam dirinya untuk selalu giat dalam belajar atau menuntut ilmu.

Dan merugilah bagi orang yang tidak mau mencari dan menuntut ilmu. Karena sesungguhnya dengan ilmu itu seseorang akan mampu menyingkap semua kejadian yang terjadi di muka bumi ini. Dan dengan ilmu juga, seseorang akan mampu mempelajari segala sesuatu baik itu yang ada di langit ataupun yang ada di bumi.
Karena sesungguhnya ilmu itu bila diibaratkan seluruh air laut sebagai tinta dan pepohonan sebagai kuas, ilmu itu tidak akan habis ditulisnya.
Wajib belajar 4.5 5 Unknown Jumat, 17 April 2009 Bagi setiap manusia belajar merupakan suatu keharusan, karena dengan belajar, seseorang akan dapat mengetahui apa yang belum mereka ketahui....


1 komentar:

  1. Betul....klu kita ndak mau berusaha untuk mau menjadi pintar hidup kiata ini akan terasa kurang. So, bagi semuanya aza klu masih pingin menikmati hidup ini dengan wawasan yangt luas. jangan lupa tuk belajar denagn rajin yah.

    BalasHapus