Masa Remaja

 On Jumat, 17 April 2009  

Pada saat kita masih usia remaja, tentunya kita merasa ada yang berbeda dalam diri kita. Itu wajar, dan kita memang berbeda dari yang sebelumnya. Masa remaja adalah puncak dimana seseorang membentuk dirinya menjadi manusia yang semestinya. Dengan kata lain, dimasa inilah seseorang membentuk suatu kepribadian, gaya hidup, akhlak, dll. Namun dimasa ini juga seseorang harus menghadapi cobaan yang sangat besar. Karena remaja adalah
suatu proses dimana seseorang ingin mengetahui hal-hal yang diketahui oleh orang dewasa. Namun dalam pencarian pengetahuan ini, seorang remaja juga banyak yang salah jalan. Sehingga mereka tidak bisa membentuk kepribadian yang baik, dan justru sebaliknya.

Remaja, pada umumnya mereka belum mempunyai prinsip, tentang apa yang harus dia lakukan. Dalam arti mereka masih mencontoh apa yang dilakukan oleh teman-temannya. Maka dari itu peranan orang tualah yang sangat penting. Yaitu orang tua harus bisa menjadi sahabat bagi putra ataupun putri remajanya. Karena di masa ini, sang anak biasanya sudah mulai membantah, jika diberi nasehat oleh orang tua. Bahkan mereka suka melanggar tata tertib yang ada dalam sekolah ataupun tatatertib yang lain.

Para remaja menginginkan para orang tua melihat mereka dari sudut pandang yang berbeda, dengan kata lain mereka tidak ingin diperlakukan sepertihalnya anak kecil, yang selalu di bebani dengan berbagai macam peraturan-peraturan. Mereka ingin bebas mengekspresikan apa yang mereka rasakan tanpa adanya halangan(peraturan). Karena mereka sudah merasa bahwa, mereka mampu berfikir sendiri dan menyelesaikan masalah sendiri. Walaupun terkadang mereka masih banyak melakukan kesalahan dalam bertindak. Karena pada masa ini emosi seseorang dapat dikatakan masih labil atau tidak menentu.
Masa Remaja 4.5 5 Unknown Jumat, 17 April 2009 Pada saat kita masih usia remaja, tentunya kita merasa ada yang berbeda dalam diri kita. Itu wajar, dan kita memang berbeda dari yang sebelu...


3 komentar:

  1. Memang masa remaja itu sangat sulit.
    dan remaja itu suka semaunya sendiri.

    BalasHapus
  2. selain sulit masa remaja juga masa yg rentan, dalam perjalanan mencari karakter diri, di masa ini remaja cenderung "menentang" peraturan dari ortu, karena mereka ingin mengekspresikan diri mereka terlepas dari pengaruh ortu. merupakan tanggung jawab ortu untuk membantu remaja menemukan jatidiri tanpa melakukan intervensi, artinya ortu berperan sebatas sebagai teman untuk berbagi/curhat sekaligus mengingatkan bila remaja bertindak yg bisa merusak masa depannya.

    BalasHapus
  3. yang penting jangan salah jalan, guys!

    BalasHapus